Rabu, 03 Desember 2014

SELAYANG PANDANG


SELAYANG PANDANG

   Kecamatan Tallo merupakan salah satu dari 14 kecamatan di Kota Makassar yang terletak sebelah utara Kota Makassar dengan pusat pemerintahannya berada di kelurahan Ujung pandang baru, yang berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah Utara, Kecamatan Tamalanrea di sebelah Timur, Kecamatan Bontoala sebelah Selatan dan Kecamatan Ujung Tanah di sebelah Barat.  Dari catatan sejarah, Kecamatan Tallo merupakan peninggalan sejarah yang fundamental dengan keberadaan Makam  Raja-RajaTallo, dan Makam Datuk Ribandang di Sinassara dimana pada zamannya Raja Tallo Sultan Abdullah Awwalul Islam yang pertama kali melakukan Shalat Jum’at di Mesjid Tallo sebagai tanda awal berdirinya atau menyebar Agama Islam pertama di Makassar sekitar Tahun 1670 sejarah ini pula menandakan hari jadi Kota Makassar yang diperingati setiap 9 Nopember, selain memiliki Potensi Wisata sejarah Kecamatan Tallo juga memiliki potensi Wisata  Alam yaitu Delta  Lakkang sebagai  Daerah Pusat penelitian lingkungan serta Hutan Mangrove di Makassar. Sebanyak 3 Kelurahan di Kecamatan Tallo merupakan daerah pantai dan 12 Kelurahan lainya merupakan daerah bukan pantai dengan topografi ketinggian antara permukaan laut. Kecamatan Tallo  tercatat memiliki luas wilayah sekitar 8,75 km² .  Registrasi penduduk akhir tahun 2013, jumlah penduduk Kecamatan Tallo tercatat sebanyak 136.067  jiwa yang terdiri atas 68.238 laki-laki dan 67.829 perempuan.
   Sama seperti Penduduk Kota Makassar Pada umumnya Penduduk Kecamatan Tallo mempunyai latar belakang yang majemuk dilihat dari sudut pandang agama dan keyakinan serta latar belakang sosial budaya. 
   Adapun wilayah Administratif Kecamatan Tallo terdiri atas 15 kelurahan. Kelurahan Lakkang tercatat memiliki wilayah paling luas, yakni 1,65 km², sedangkan Kelurahan Wala-Walaya memiliki luas wilayah terkecil dengan luas 0,11 km².

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More