Kamis, 11 Desember 2014

KELURAHAN PANNAMPU

PROFIL KELURAHAN PANNAMPU
Secara Administrasi, Kelurahan Pannampu termasuk dalam Wilayah Kecamatan Tallo Kota Makassar, Kelurahan Pannampu terdiri dari 6 RW dan 44 RT dengan luas Wilayah 0.46 Km2 .

Jumlah Penduduk 
Kelurahan Pannampu mempunyai 4.561 KK dengan jumlah penduduk sekitar 16.866 jiwa yang terdiri dari 8.557 laki-laki dan 8.309 perempuan.

Kilas
Geliat pasar pannampu adalah geliat subuh hingga matahari sepenggalah. Di Pannampu, ratusan pagandeng, pedagang dengan sepeda berkeranjang, dari segala penjuru Makassar seakan menetapkan subuh sebagai penanda dimulainya pertemuan rutin mereka saban hari. Setiap hari, kecuali dua lebaran. Mereka, para pagandeng-pagandeng itu berbaur bersama pedagang lainnya; yang bermotor, bergerobak, hingga yang panggul dan pedagang tempatan yang menyewa salah satu rumah di kompleks itu. Menjelang waktu lohor tiba, satu per satu pedagang beranjak dari kompleks. Pulang. Ketika siang hingga malam, kompleks menjadi milik warga lagi.
Uniknya, seperti menunjukkan kecenderungan untuk sulit diatur, mereka justru tidak tertarik untuk berjualan di dalam pasar inpres Pannampu yang disediakan pemerintah, tapi berjualan di selasar kompleks di dua sisi pasar Pannampu, dimana saya dan keluarga menempati salah satu dari 200 an rumah dempet berlantai dua sejak awal dibukanya. Kompleks pasar, begitu kami menyebutnya, merupakan blok perumahan dua lantai berjejer dengan bentuk yang seragam. Mulai dibangun oleh developer CV Cahaya Rahmat, milik pengusaha Benny Gozal di awal tahun 1980-an. Kompleks ini terdiri dari empat blok perumahan yang mengitari Pasar Inpres Pannampu, pusat niaga lokal di kecamatan Tallo. Blok I atau Blok A terletak di sebelah barat pasar terdiri dari kurang lebih 40 rumah, Blok II atau Blok B yang terletak di sebelah timur pasar dijejeri oleh sekitar 80 rumah, 20 rumah di Blok CC di sebelah selatan pasar dan Blok C yang terakhir, berhadap-hadapan dengan Blok B dan terletak searah tegak lurus blok CC berderet-deret 20 rumah ke selatan.


 Prasarana
MASJID
4
GEREJA
-
SEKOLAH

PERUSAHAAN

INSTANSI PEMERINTAHAN

POSYANDU

 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More