Rabu, 10 Desember 2014

KELURAHAN TALLO



PROFIL KELURAHAN TALLO

Secara administrasi, Kelurahan TAllo termasuk dalam Wilayah Kecamatan Tallo, Kota Makassar yang terletak di Muara Sungai Tallo, Kelurahan ini juga termasuk Kelurahan yang memiliki banyak industri pengelola kayu dan industri Kapal Vaiber siagan boats terdiri dari 5 ORW dan 26 ORT dengan luas wlayah 0.61 Km2 .

Jumlah Penduduk                                        
Kelurahan Tallo  dihuni 2.064 KK dengan jumlah penduduk  8.017 jiwa yang terdiri dari 3.898 laki-laki  dan 4.119 Perempuan.

PETA KEL. TALLO

Kilas

Kompleks makam ini terletak di Kelurahan Tallo, Kecamatan Tallo, sekitar 7 kilometer di sebelah utara kota Makassar. Kompleks makam yang dibangun sekitar abad ke-17 ini merupakan tempat pemakaman raja-raja Tallo abad ke-17 hingga abad ke-19. Kerajaan Tallo dahulu adalah merupakan bagian dari kerajaan Gowa.
Namun, pada masa pemerintahan Raja Gowa VI (Tunatangkalopi), kerajaan Gowa dibagi menjadi dua (Gowa dan Tallo) dan diserahkan kepada kedua puteranya. Kedua kerajaan baru tersebut kemudian membentuk suatu persekutuan yang kekuasaannya sangat berpengaruh di wilayah Indonesia bagian timur.
Pada tahun 1974/1975 dan 1981/1982 kompleks makam raja-raja Tallo dipugar oleh pemerintah melalui Ditjen Kebudayaan, Direktorat Perlindungan dan pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Bangunan makam yang dipugar hingga mendekati bentuk aslinya ini sekarang tampak asri,  tertata apik dengan pepohonan yang rindang, menjadikan kelurahan Tallo sebagai suatu daerah tujuan wisata  sejarah dan budaya, Kota Makassar.



 Prasarana
MASJID
4
SEKOLAH
1
PERUSAHAAN
5
INSTANSI PEMERINTAHAN
12
GALANGAN KAPAL
1
POSYANDU
5

Potensi Wisata

Disini juga masih terjaga tradisi-tradisi adat dan budaya seperti Pannaung Rije’ne, Tammu Taun, Asiarah, Jene-Jene Saffara, serta Kesenian Tradisional Gangrang Bulo, dan Pamancak  dan  Kue tradisonal surabe.



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More